Fakta Drakula ( Vlad the Impaler )


Nama "Dracula" sering identik dengan istilah "vampir". Hanya apa adalah vampir? Menurut The American Heritage ® Dictionary (edisi keempat oleh Perusahaan Mifflin Houghton), seorang vampir digambarkan sebagai salah satu dari berikut:
  • Sebuah mayat hidup yang diyakini bangkit dari kubur pada malam hari untuk menghisap darah    orang tidur.
  • Orang, seperti seorang pemeras, yang memangsa pada orang lain.
  • Sebuah kelelawar vampir.

Pangeran Vlad Dracula dilahirkan di Schässburg (sekarang disebut Sighisoara), sebuah kota kecil di Transylvania (sekarang dikenal sebagai utara Rumania) tahun 1431. Rumah di mana ia lahir, masih berdiri utuh di Sighisoara. Itu adalah benteng, tapi hanya sederhana rumah bertingkat tiga.


 

Dia bernama setelah ayahnya Vlad Dracul, yang menjadi anggota Orde Naga. Ini adalah perintah yang dibentuk oleh Kaisar Romawi Suci untuk tujuan mengalahkan Turki, yang mencoba untuk menaklukkan Eropa pada saat itu. Nama "Dracul" yang berarti naga atau iblis, dibawa oleh ayahnya, ketika ia bergabung dengan Ordo, tahun yang sama pangeran Vlad lahir. Dia kemudian menambahkan-a pada nama anaknya, yang berarti "Anak Naga". Tapi sebagai pangeran muda bertambah tua, ia menjadi lebih dikenal sebagai "Anak Iblis".

Ayahnya memerintah atas wilayah Selatan Rumania dikenal sebagai Wallachia, dan untuk menjaga kekuasaannya, ia harus bersekutu dengan orang-orang kuat. Tapi dia adalah seorang master sangat bisa diandalkan, yang mengubah sekutunya terus-menerus. Untuk mulai dengan dia melawan Turki, kemudian ia tiba-tiba mengubah kebijakan dan bergabung dengan mereka untuk waktu yang singkat. Mungkin perilaku ini tidak bisa diandalkan adalah alasan mengapa Sultan Turki memerintahkan penangkapan dua putranya, Pangeran Dracula dan adiknya.

 

Tahun 1447 ayah pangeran Vlad Dracula tewas oleh beberapa orangnya sendiri, dan tahun setelah, sang pangeran, sekarang usia tujuh belas, dibebaskan dari penjara. Ia dikirim kembali ke rumah untuk memerintah Wallachia, tapi sebagai imbalannya dia harus mematuhi Sultan di Konstantinopel. Tapi dia digulingkan, oleh saingan dan harus melarikan diri, sebelum dia di 1456 bisa mengklaim tahta kembali lagi. Hal pertama yang dilakukannya, adalah untuk membangun benteng untuk keamanan. Dengan bantuan beberapa ratus keluarga bangsawan ditangkap di negerinya, yang harus bekerja sebagai budak sederhana, ia mendapat kubu nya membangun tinggi di pegunungan, dekat dengan kota Wallachia utara Tirgoviste.

Sekarang enam tahun setelah teror dimulai. Pertama dia membalas dendam kematian ayahnya, maka ia menyingkirkan semua musuh-Nya dalam pembantaian yang tak terbatas. Beberapa ribu orang tewas dalam Wallachia dan negara-negara tetangga. Tapi pangeran Dracula tidak hanya membunuh orang, dia suka melihat mereka menderita. Metode favoritnya menyiksa seseorang sampai mati, adalah penyulaan.

 

Penyulaan adalah mengerikan dari eksekusi. Korban di tusuk di antara kaki dengan galah sebesar lengan pria dewasa yang ujungnya tajam, kemudian di angkat tegak ke atas. Maka berat tubuh akan mulai menyeret mereka ke bawah, menyebabkan ujung yang tajam untuk menembus organ internal mereka dengan sangat lambat. Vlad sangat menikmati eksekusi massa, di mana beberapa korban disula sekaligus. Dalam rangka untuk lebih menikmati aksi-aksi brutal, Vlad akan menempatkan para korban disula, di depan meja perjamuan dan kemudian akan menikmati suara orang akan meninggal. Itu adalah tindakan yang sangat brutal, yang mendapat julukan "Tepes", yang dalam bahasa Rumania berarti "Impaler".

Hal ini diduga bahwa pangeran Vlad Tepes bertanggung jawab atas kematian tersebut, lebih dari seratus ribu orang dalam beberapa tahun. Angka ini, adalah termasuk dua puluh lima ribu orang, yang meninggal karena penyulaan. 

Pada 1462, karena musuh-musuhnya, Vlad Tepes harus melarikan diri lagi. Dia melarikan diri ke Hungaria, atas Pegunungan Alpen Transylvania, dengan harapan mendapatkan bantuan dari Corvinus raja Hungaria. Tapi bukannya mendapatkan semacam bantuan, ia dihukum pada beberapa tuduhan palsu ke penjara selama dua belas tahun. Ketika dia dibebaskan lagi, ia menikah dengan saudara perempuan kepada Raja Hungaria, dan pada bulan November 1475, ia akhirnya mendapat bantuan untuk mendapatkan kembali kontrol di Wallachia. 

Tapi hanya sebulan kemudian, Dracula tewas dalam pertempuran melawan Turki di dekat Bucharest. Setelah kematiannya, takut dan tidak ada keraguan prajurit pemberani kemudian dipenggal. Hanya untuk membuat orang yakin bahwa dia benar-benar sudah mati, kepalanya dipajang di Konstantinopel. Kemudian tubuhnya dimakamkan di sebuah biara di dekat Snagov di Rumania. Dalam sebuah buku berjudul "Dracule", dari 1488, ditulis hanya tiga belas tahun setelah Vlad Impaler meninggal, ia descried sebagai vampir! 

Seorang penulis yang bernama Bram Stoker menulis sejumlah cerita pendek dan novel, tapi Bram Stoker terutama dikenang karena hanya satu, yaitu kisah tentang vampir yang berjudul "Dracula". Dracula awalnya diterbitkan pada 1897. Dracula menjadi sebuah kesuksesan, dan merupakan salah satu cerita horor paling terkenal dan paling populer yang pernah ditulis.

0 Responses